Minggu, 23 Desember 2012

ASPEK-ASPEK KELAYAKAN BISNIS


1.Aspek Pasar
Pemahaman terhadap konsep utama dalam aspek pasar dari studi kelayakan

 Metode Pengukuran dan Peramalan  Permintaan
Pemahaman terhadap konsep pengukuran dan peramalan permintaan serta dapat melakukan pemilihan dari beberapa metode pengukuran dan peramalan permintaan beserta pengawasannya

Strategi Bersaing Perusahaan Dominan
Menjelaskan konsep strategi bersaing bagi perusahan dominan dalam melakukan perluasan usaha

Strategi Optimasi Marketing Mix
Pemahaman terhadap konsep marketing instrumens dalam hubungannya dengan masa kehidupan produk , menentukan skala prioritas dan kombinasi optimal marketing mix yang dimiliki

2. Aspek Teknis
Pemahaman terhadap beberapa pertanyaan utama aspek teknis dan mengenali variabel-variabel yang berpengaruh dalam melakukan analisis kualitatif untuk memberikan jawaban

Pengenalan Aspek Teknis Proyek  ;
Lokasi Proyek
Luas Produksi
Layout
Pemilihan Jenis Teknologi dan Equipment

Alat Analisis Aspek Teknis :
Penentuan Lokasi Pabrik
Penentuan Luas Produksi
Layout Pabrik
Kasus aspek Teknis (Lokasi dan Spesifikasi Produk) terhadap alat analisis kuantitatif dari aspek teknis.

3. Aspek Hukum
Pemahaman tentang legalitas usulan proyek

4. Aspek Manajemen
Pemahaman tentang perencanaan pembangunan proyek dan penyelesaiannya.

5. Aspek Keuangan
Pemahaman terhadap Kebutuhan dan Sumber Dana, Aliran Kas Proyek, Kriteria     Penilaian Investasi, Resiko Dalam Investasi, Biaya Modal,
Penaksiran aliran Kas dan Biaya Modal, Pendekatan Praktis dalam Keputusan Investasi dan Pemilihan Sumber Pembalanjaan, Keterbatasan Dana dan Hubungan Antar Proyek.

6. Aspek Ekonomi & Sosial
          Pemahaman terhadap aspek ekonomi secara nasional dan dampak sosialnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar